Masalah Yang Baik Untuk Penelitian
MENENTUKAN MASALAH YANG BAIK UNTUK PENELITIAN
Pada dasarnya penelitian itu
dilakukan dengan tujuan untuk
mendapatkan data yang antara lain dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Untuk
itu setiap penelitian yang akan dilakukan harus selalu berangkat dari masalah.
Seperti di nyatakan oleh Emory (1985) bahwa, baik penelitian murni maupun
terapan , semuanya berangkat dari masalah, hanya untuk penelitian terapan,
hasilnya dapat langsung digunakan untuk membuat keputusan.
Jadi setiap penelitian yang akan
dilakukan harus berangkat dari masalah, walupun diakui bahwa memilih masalah
penelitian sering merupakan hal yang paling sulit dalam proses penelitian
(Tuckman). Bila dalam penelitian telah dapat menemukan masalah yang betul-betul
masalah, maka sebenarnya pekerjaan penelitian itu 50% telah selesai. Oleh karena
itu menemukan masalah dalam penelitian merupakan pekerjaan yang tidak mudah,
tetapi setelah masalah dapat ditemukan, maka pekerjaan penelitian akan segera
dapat dilakukan.
Masalah
dapat diartikan sebagai penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang
benar-benar terjadi, antara teori dengan praktek, antara aturan dengan
pelaksanaan dan antara rencana dengan pelaksanaan. Stonner (1982) mengemukakan
bahwa masalah-masalah dapat diketahui atau di cari apabila terdapat
penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataan, antara apa yang direncanakan
dengan kenyataan, adanya pengaduan dan kompetisi.
HAL-HAL
YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM PEMILIHAN MASALAH
Ada beberapa hal yang calon peneliti
harus ketahui sebelum menentukan masalah apa yang hendak di teliti agar
pelaksanaan penelitian nantinya dapat berlangsung lancer dan mudah. Berikut ini
hal-hal yang harus diperhatikan :
1. Aktual
2. Asli,
bukan duplikasi
3. memilih
masalah yang anda minati
4. Masalah
yang akan dipilih tersebut telah sesuai dan di dukung oleh dasar teori yang
kuat.
5. Variabelnya
terukur
6. Kendala
lapangan dapat diantisipasi ( Lama waktu penelitian dan jumlah biaya yang akan
dikeluarkan).
7. Faktor
pendukung tersedia
8. Teknik
pelaksanaan terjangkau
9. Jika
diteliti, hasilnya punya arti penting bagi perkembangan ilmu dalam kehidupan
sehari-hari.
10. Kesimpulan
hasil penelitian punya daya laku yang cukup lama, yaitu dapat digeneralisasikan
pada saat dan sesudah penelitian.
11. Punya
daya tarik untuk menarik minat pembaca dan masyarakat.
Beberapa
aspek yang dapat menjadi masalah dapam penelitian
1. Dari
Pengalaman Pribadi
2. Dari
hasil konsultasi, diskusi dan seminar
3. Dari
perubahan paradigma dalam penelitian
4. Dari
fenomena pendidikan di dalam dan di luar kelas serta di masyarakat
5. Dari
hasil membaca buku teks, jurnal dan laporan penelitian.
Contoh
Sumber-sumber masalah dalam penelitian
1. Kurikulum
2. Proses
pembelajaran
3. Media
pendidikan dan pembelajaran
4. Inovasi
pembelajaran
5. Model-model
pembelajaran
6. Teknik,
Metode, Pendekatan, strategi dan model pembelajaran
7. Evaluasi
pendidikan
8. Dan lain sebagainya.
8. Dan lain sebagainya.